Senin, 07 Juni 2021

Mengenal Rambu-Rambu Peringatan Jalan Raya


Dishub Kab HSS - Rambu Peringatan : Rambu ini berguna untuk memberikan informasi berupa peringatan terhadap kemungkinan bahaya yang ada di jalan.

Pada rambu ini, dasar palang rambu berwarna kuning, sedangkan tulisan atau simbol pada rambu berwarna hitam.

Gambar disamping adalah beberapa contoh rambu peringatan dan artinya: 

  1. Rambu peringatan lampu lalu lintas mempunyai fungsi untuk mengatur ketertiban dari empat maupun tiga arah jalan supaya tidak terjadi kecelakaan. Warna merah diartikan sebagai berhenti, kuning artinya berhati-hati, sedangkan kalau lampu hijau sudah menyala, itu artinya sudah boleh berjalan kembali.
  2. Rambu peringatan banyak lalu lintas sepeda berfungsi untuk memperingatkan pengguna jalan agar berhati-hati saat melintasi tempat banyak orang bersepeda dan sering menyeberang jalan. untuk menciptakan ketertiban lalu lintas dan meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas yang dapat mengancam keselamatan jiwa pengguna jalan.
  3. Rambu peringatan ada penyeberangan pejalan kaki berfungsi untuk memperingatkan pengguna jalan agar berhati-hati saat melintasi jalur lalu lintas yang sering dilintasi pejalan kaki.
  4. Rambu peringatan tikungan atau belokan ke kanan berfungsi untuk memperingatkan pengguna jalan agar berhati-hati akan adanya potensi bahaya saat melintasi tikungan ke arah kanan. 
  5. Rambu peringatan jalan dua arah berfungsi untuk memperingatkan pengguna jalan agar berhati-hati akan adanya potensi bahaya saat melintasi jalur lalu lintas dua arah tanpa bangunan pemisah. Pemasangan rambu ini bermanfaat untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas, seperti tabrakan dari arah berlawanan.
  6. Rambu peringatan bundaran dengan prioritas berfungsi untuk memperingatkan pengguna jalan agar berhati-hati akan adanya potensi bahaya saat melintasi bundaran. menginformasikan kendaraan yang berada di bundaran mendapat prioritas terlebih dahulu.
  7. Rambu peringatan jalan menanjak berfungsi menginformasikan jalanan yang ada di depan Anda memiliki kemiringan berbeda yang menanjak dan curam. Oleh karena itu, Anda harus bersiap-siap mengoper mesin ke gigi rendah dan lebih berkonsentrasi agar mobil tidak mengalami mati mesin di jalan menanjak.
  8. Rambu peringatan jalan licin berfungsi untuk memperingatkan pengguna jalan agar berhati-hati saat berkendara di permukaan jalan yang licin.
  9. Rambu jalan yang cekung berfungsi untuk memperingatkan pengguna jalan agar berhati-hati akan adanya potensi bahaya saat melintasi daerah yang banyak jalan berlubang.

1 komentar: